Senin, 29 Februari 2016

ELITE SONG akan memberi pengetahuan tentang tata cara ternak burung lovebird. Burung yang satu ini memang sudah tidak asing lagi, mulai dari warnanya yang sangat indah sampi dengan memiliki suara yang indah atau sering disebut juga ngekek. Akhir-akhir ini burung lovebird peminatnya semakin bertambah, mulai di perkotaan, sampai di pedesaan pun berminat unruk mengembangkannya. Ternak lovebird bisa di bilang susah-susah mudah, tetapi apabila sudah berpengalaman dan sudah tahu tips dan triknya maka tidak akan susah untuk merawat atau mengembangkannya.


Berikut ini cara untuk ternak burung lovebird :

1. Memilih Jenis kelamin Love Bird
Membedakan jenis kelamin lovebird bisa di bilang sulit, karena dari bentuk hingga suara tidak berbeda jauh. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin burung lovebird. Berikut ini cara memilih jenis kelamin lovebird :
  • Biasanya betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan jantan. Namun betina memiliki ukuran kepala yang lebih kecil.
  • Betina memiliki tulang panggul yang lebih besar karena digunakan untuk bertelur.
  • Bisa juga dilihat apabila burung lovebird sedang bertengger, kaki betina biasanya lebih renggang di bandingkan jantan
  • Bentuk tubuh betina biasanya lebih bhulat dan berisi.
  • Betina biasanya memiliki kekek/ngekek yang lebih panjang.
2. Menentukan usia yang produktif
Seekor lovebird jantan yang sudah siap untuk membuahi pada usia 8 bulan. Sedangkan betina yang sudah siap untuk bertelur pada usia 1 tahun.

3. Menentukan tujuan ternak
Apabila ingin memiliki lovebird yang suara bagus, sebaiknya memilih betina yang mnemiliki suara yang bagus. Sedangkan apabila ingin memiliki lovebird yang mempunyai warna yang indah, sebaiknya mencoba mengkawinkan satu jantan dengan 3 betina, atau poligami.

4. Menentukan Sangkar 
Sebaiknya menggunakan sangkar yang berukuran 40x40x40cm / 50x50x50 cm, lalu beri sebuah kotak atau sering disebut juga dengan glodok dan di dalamnya di beri rumputkering, ranting ranting kering untuk tempat lovebird betina apabila sudah bertelur, dan lebih bagus juga dengan diberi serbuk gergaji yang berfungsi untuk menyerap kotorang burung agar tidak lembab dan berbau.

5. Mengkawinkan Lovebird
Setelah menentukan pejantan atau betina, biasanya mereka sudah siap untuk kawin. Untuk lovebird pejantan, usia ideal adalah 8 bulan sedangkan untuk betina, usia ideal adalah 1 tahun. Lalu masukan kedua burung tersebut kedalam satu sangkar yang tadi sudah disiapkan makan burung akan kawin secara sendirinya, biasanya sekitar 3 hingga 10 hari betina akan bertelur. dan apabila sudah bertelur, telur burung tersebut di inkubasi/mengeram. dan waktu mengeram tersebut sekitar 22 hingga 25 hari. Dan apabila berhasil maka telur akan netas. 

6. Makanan anak Lovebird.
Ada beberapa jenis pakan burung lovebird piyek di toko-toko burung, atau juga bisa digantikan dengan bubur instan untuk bayi atau sering disebut bubur Sun. caranya sedih dengan air hangat secukupnya, lalu loloh dengan menggunakan suntikan tampa jarum untuk meloloh burung tersebut.

Demikian yang dapat ELITE SONG sampaikan, terimakasih semoga bermanfaat.

ELITE FIGHTERatau Vitamin burung yang lainnya Seperti ELITE BIRD SHAMPO, ELITE SUPER STAMINAdan ELITE SPEKTRUM bisa di dapatkan di toko-toko burung terdekat.

*Bandung bisa didapatkan di Toko MUKTI JAYA yang beralamat di Jl. Cisaranten Kulon No 3,       Arcamanik Bandung, dan juga di TOKO TUBAGUS JAYA PS yang beralamat di Jl. Terusan    Tubagus Ismail No.15 Bandung.
*Garut dan Tasikmalaya bisa di dapatkan di Toko JAWA PS yang beralamat di  Komplek Pasar      Besi   Cikurubuk Tasikmalaya. 
*Solo bisa di dapatkan  di Toko NUSANTARA PS yang berlokasi di Embun Resto Solo.
*Jakarta bisa di dapatkan di Toko MAHKOTA HARJA yang berlokasi di pasar burung Jl Pramuka.

Atau dapat hubungi kami di 081221357778, PIN BB : 5D8340D1, Facebook : Elit Song
Instagram : ELITE.SONG01


0 komentar:

Posting Komentar