Kamis, 07 Januari 2016

Tips Supaya Bulu Burung Berkilau Dan Sehat

Siapapun tentunya akan merasa jengkel jika burung kesayangannya mengalami kusut atau keriting. Pada dasarnya penyebab utama yang membuat bulu terlihat kusam adalah karena kurangnya lemak atau minyak  di “muara” kelenjar lemak yang berada di atas pantat burung.


Untuk “menambah” minyak atau lemak anda bisa memberi minyak ikan yang dilakukan dengan cara menyuntikkannya ke dalam seekor jangkrik lalu berikan ke burung kesayangan anda.
Namun ada kalanya bulu burung terlihat kusam bukan karena kekurangan lemak, namun karena lubang kelenjar minyak tertutup oleh bekas luka yang mengering atau karena kotoran yang mengering.

Jika sudah seperti itu maka anda bisa memegang burung anda lalu melihat kelenjar minyak yang terletak di atas pantat burung. Setelah itu anda bisa memencetnya dengan lembut pada bagian tersebut lalu rasakan apakah ada minyak di tangan anda.
Jika tidak ada, maka itu artinya ada kotoran yang menutupinya. walaupun kandungan minyak hanya ada sedikit, namun minyak akan tetap keluar dan tetap terasa di tangan anda.

Selain itu masih ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan bulu menjadi rusak yaitu :

1. Burung yang langsung dijemur padahal masih dalam keadaan basah.

Hal ini membuat bulu menjadi keriting dan terlihat kusam. maka dari itu hindari menjemur burung dalam keadaan bulu basah, usahakan setelah di mandikan atau di semprot di angin - anginkan terlebih dahulu beberapa menit .

2. Sebelumnya burung anda pernah disemprot dengan larutan untuk mengatasi kutu.

Selain itu bisa juga karena menggunakan larutan yang membuat bulu terlihat mengkilap yang jika penggunaannya tidak diteruskan malah membuat bulu menjadi rusak.
Untuk larutan anti kutu biasanya di dalamnya sudah dicampurkan dengan suatu zat yang berfungsi untuk merusak atau menghilangkan lapisan lilin pada bulu burung.
Zat ini memang bermanfaat supaya larutan bisa menempel pada bulu, namun pada akhirnya bisa memberikan dampak yaitu bulu kehilangan pelindung.
Maka dari itu anda harus memastikan supaya obat antikutu yang anda gunakan sama sekali tidak mengandung zat lilin atau zat peluruh tanduk pada bulu burung.
contohnya obat antikutu yang tidak mengandung zat zat lilin atau zat peluruh tanduk adalah ELITE BIRD SHAMPO karena kandungan di dalamnya terbuat dari bahan - bahan alami pilihan yang aman terhadap burung anda dan tanpa mengandung zat lilin. dan beberapa kicau mania sudah membuktikkannya.






3. Pada saat mabung, burung kekurangan lemak.

Pada saat mabung, burung kekurangan lemak sehingga meskipun saat ini produksi lemak di kelenjar lemak banyak, sudah tidak bisa menolong kondisi bulu yang telanjur rusak.
Maka dari itu ada baiknya supaya selama burung mabung anda memastikan kecukupan vitamin dan mineral untuk rawatan harian terpenuhi dengan baik.

untuk rawatan saat kondisi mabung anda dapat memberikan multivitamin ELITE MOULTING yang dapat menjaga kesehatan bulu burung anda serta mempercepat proses pertumbuhan bulu burung anda dan juga ELITE MOULTING memberikan vitamin serta protein yang dapat menjaga kesehatan serta memperlancar proses masa moulting sehingga burung setelah moulting tetap aktif dan kembali dalam kondisi prima serta burung akan lebih gacor dan anti macet bunyi.




0 komentar:

Posting Komentar