Jumat, 05 Agustus 2016

Apabila burung murai batu yang mengalami stress saat mabung dapat dilihat dengan bulu burung yang kusam, pertumbuhan bulunya tidak sempurna dan muncul semacam garis yang melintang pada bagian ekor burung murai batu. Hal tersebut terjadi dikarenakan murai batu kekurangan nutrisi yang terkandung di dalam makanan murai batu. Selain itu pemberian istirahat yang cukup untuk burung yang kurang sehingga murai batu kurang istirahat. Jika masa mabung murai batu sudah diluar waktu yang seharunya maka murai batu akan mengalami stress. Hal ini dapat menyebabkan bulu burung akan menjadi rontok.

Beberapa hal yang menyebabkan murai batu stress saat mabung beserta cara mengatasinya :
  1. Diarea sangkar/kandang burung mengalami perubahan suhu yang ekstreem. Maka dari itu periksa temperature ruangannya dan pastikan suhu di dalam ruangan tetap terjaga.
  2. Jarang mengganti air minum untuk burung. Solusinya adalah dengan mengganti air minum setiap sudah 24 jam. Karena apabila tidak, kandungan yang ada didalam air akan berubah karena mengembun akibat suhu dingin dan terkena sinar mata hari. Selain itu apabila jarang diganti, air akan berjamur atau berlumut
  3. Ada kemungkinan burung anda takut oleh suara tikus, kucing, tokek atau aktivitas hewan lain yang mengganggu burung pada malam hari. Solusinya, Krodong atau tutup sangkar burung menggunakan kain/krodong. Matikan lampu ruangan atau gunakan lampu yang agak redup. Hal ini agar burung tidak melihat langsung makhluk pengganggu. Walaupun tidak melihat tetapi akan mendengar suara-suara, tetapi burung tidak melihat langsung wujud makhluk tersebut dan mengurai kepanikan pada burung.
  4. Pakan kerin (vour) yang tidak disukai oleh burung sehingga pakan vour biasanya akan dihambur-hamburkan makanan tersebut. Solusinya adalah dengan memberikan/mengganti pakan vour yang kering jenis atau merk lainnya.
  5. Jangan menggantungkan sangkar burung di dekat jendela, karena di dekat jendela suhu burung tidak stabil dan temperaturenya akan berubah-ubah. Solusinya, Gantukan sangkar ditempat yang stategis dan tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang baik.
Semoga artikel ini bermanfaat, Terima kasih.




0 komentar:

Posting Komentar