Rabu, 18 Mei 2016

Proses mabung pada burung anis merah adalah proses mengubah bulu yang lama diganti dengan bulu yang baru. Bulu yang telah tua dan rusak akan rontok secara sendirinya dan akan tumbuh bulu yang baru disebut mabung. Untuk fase mabung anis merah kurang lebih selama 1 bulan. Pada saat mabung anda haeus memperhatikan anis merah dan harus memenuhi semua persyaratan gizi agar proses mabung pada anis merah tidak berangsur lama. Ketika burung anis merah dalam masa mabung maka sekitar 25% protein yang dibutuhkan dalam tubuh anis merah untuk di serap. Pada dasarnya mabung atau molting pada burung anis merah merupakan siklus alami yang pasti dialami. Maka dari itu, harus lakukan perawatan yang lebih intens selama mabung, baik memberikan pakan yang bergizi, memberikan multivitamin, dan kebersihan sangkar.


Berikut ini tips perawatan anis merah pada saat mabung :

1. Periksa kondisi anis merah

Tips pertama yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi anis merah. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui kondisi anis merah terinfeksi penyakit/virus atau tidak. Karena virus akan menghambat proses pertumbuhan bulu baru ketika anis merah mabung. Dan yang harus dilakukan adalah membersihkan parasit yang ada pada anis merah seperti cacing, kutu, dan mikroba.

2. Memberikan pakan

Pemberian pakan untuk anis merah yang sedang mabung adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas. Maksudnya kualitas adalah pakan yang mengandung gizi fan nutrisi yang dibutuhkan burung anis merah pada saat mabung. Makanan burung anis merah yang baik adalah yang mengandung mineral dan protein yang lebih. Hal ini merupakan yang penting agar proses mabung pada anis merah tidak berangsur lama.

3. Pemberian Ekstra Fooding (EF) dan multivitamin

Selain makanan pokok, pemberian ekstra fooding dan multivitamin juga merupakan hal penting yang harus diberikan untuk anis merah yang sedang masa mabung. EF yang cocok untuk anis merah adalah jangkrik, cacing, kroto atau pun ulat hongkong. Multivitamin juga sangat penting, gunakan multivitamin ELITE SPEKTRUM yang telah teruji dan terbukti. ELITE SPEKTRUM dapat mengatasi agar bulu burung anis merah dapat cepat tumbuh pada saat mabung.

4. Mandi dan Pengeringan

Untuk anis merah yang sedang mabung hanya dimandikan hanya satu kali dalam seminggu. jangan terlalu sering memandikan anis merah yang sedang mabung, karena bulu burung baru akan tumbuh. Untuk memandikannya gunakan ELITE BIRD SHAMPO agar bulu burung cepat tumbuh kembali. untuk penjemurannya durasi maksimum adalah 20 menit. 

5. Penempatan gantangan

Tempatkan burung anis merah di tempat yang sepi atau jauh dari burung lain dan jauh dari tempat kegiatan manusia. Burung anis merah yang sedang mabung biasanya mudah stress dan sangat sensitif. Gantangkan di tempat yang tidak berisik dan sebaiknya tutup sangkarnya menggunakan krodong.

0 komentar:

Posting Komentar